Rabu, 02 November 2011

Alat kontrol automatik pada mesin refrigerasi


Alat kontrol automatic
System pendingin agar dapat bekerja tanpa diperhatikan harus memakai alat control yang automatic, kecuali mesin pendingin yang sangat besar yang memerlukan pengawasan terus menerus dan pelayanan secara manual. Sebagian besar mesin pendingin yang banyak dipakai adalah yang kecil kapasitasnya dan hanya dengan sebuah evaporator saja.
Mesin pendingin untuk rumah tangga atau refrigerasi komersial yang kecil akan kurang manfaat apabila alat control mesin pendingin yang dipakai tidak dapat bekerja automatic sepenuhnya. Mesin pendingin agar dapat bekerja sesuai dengan rencana dan biaya yang minimum harus dibuat automatic. Kerja automatic tersebut diperoleh dengan memakai beberapa alat control mesin pendingin yang dapat menjalankan dan menghentikan kompresor pada selang waktu tertentu, untuk mempertahankan suhu dalam ruangan yang konstan pada keadaan suhu luar dan beban yang berlainan. Alat control yang automatic dapat dipakai untuk mengontrol temperature lemari es yang sederhana, sampai control presisi untuk industri besar.
Alat kontol mesin pendingin yang automatic harus dapat mengontrol aliran refrigerant, menghentikan atau menjalankan motor kompresor, mengatur jumlah dan aliran air pendingin, sebagai alat pengaman untuk mencegah kerusakan komponen dll. Alat control tersebut banyak sekali macamnya dan cara kerjanya pun berlainan. Kita harus mengetahui dan memilih alat control yang tepat mengenai pemakaian (penerapan), prinsip kerja, perencanaan, konstruksi, pemasangan, penyetelan, perbaikan, dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar